Kewirausahaan Kreatif Sebagai Pola Pikir
Tulisan ini terinspirasi dari sebuah argumen atau gagasan radikal. Bisa jadi bukan hal yang pertama, namun, gagasan ini lahir dari sebuah kegelisahan, ketika masyarakat sebagai manusia berakalbudi, sebagai sosok sapiens unggul yang memiliki kemampuan bertahan pada saat yang paling berbahaya sekalipun (Harari, 2014). Argumen tersebut adalah manusia memiliki kemampuan bertahan karena kemampuan olah pikirnya yang disebut kreativitas (Fuentes, 2017). Setiap manusia terlahir memiliki kemampuan kreatif. Kemampuan berpikir kreatif tersebutlah yang menjadikan manusia selama beberapa peradaban terbukti mampu melewati berbagai posisi kehidupan yang mengancam, seperti bencana alam, pandemi dan sebagainya (Bregman, 2020).
Dalam tulisan ini, gagasan kemampuan bertahan dengan menggunakan kreativitas dikaitkan dengan kemampuan manusia untuk mengelola sebuah mindset atau pola pikir ‘berusaha’ dan ‘tangguh’. Penulis dalam diskusi ini, menggunakan konsep kewirausahaan dan kepemimpinan (Ireland, Hitt, & Sirmon, 2003). Merujuk kepada apa yang dipaparkan Korte (2018), bahwa kewirausahaan merupakan sebuah proses identifikasi disertai dengan pengembangan gagasan, inovasi, serta peluang dalam menjalankan sesuatu. Penciptaan usaha baru merupakan hasil akhir dari proses kreatif manusia dalam aktivitas kewirausahaan.
Masa pandemi Covid-19 ini memberikan pelajaran sekaligus tantangan manusia dalam kemampuan bertahannya (Liguori & Winkler, 2020; Maritz, Perenyi, de Waal, & Buck, 2020; Salamzadeh, Demiryurek, Ghajarzadeh, & Kawamorita, 2020). Upaya bertahan ditunjukkan dengan beragam usaha baru yang lahir karena kondisi. Posisi keadaan yang serba sulit dan tidak pasti, membuat setiap insan manusia untuk bisa memahami keadaan, beradaptasi dan berupaya melahirkan inovasi usaha. Dalam konteks ini, tidak hanya upaya berbisnis yang menjadi bahan diskusi dari penulis, melainkan lebih luas lagi, yaitu pola pikir kewirausahaan yang dikenal sebelumnya dengan semangat pantang menyerah, semangat juang yang tinggi, tidak mudah mengeluh, dan selalu bersiap dalam kondisi kerja keras.
Bregman, R. (2020). Humankind: A hopeful history. Bloomsbury Publishing.
Fuentes, A. (2017). The Creative Spark: How imagination made humans exceptional. Penguin.
Harari, Y. N. (2014). Sapiens: A Brief History of Humankind by Yuval Noah Harari. The Guardian.
Ireland, R. D., Hitt, M. A., & Sirmon, D. G. (2003). A model of strategic enterpreneurship: The construct and its dimensions. Journal of Management. https://doi.org/10.1016/S0149-2063(03)00086-2
Korte, R. (2018). Identifying as an entrepreneur: A social identity perspective of the entrepreneurial mindset. Advances in Engineering Education.
Liguori, E., & Winkler, C. (2020). From Offline to Online: Challenges and Opportunities for Entrepreneurship Education Following the COVID-19 Pandemic. Entrepreneurship Education and Pedagogy. https://doi.org/10.1177/2515127420916738
Maritz, A., Perenyi, A., de Waal, G., & Buck, C. (2020). Entrepreneurship as the unsung hero during the current COVID-19 economic crisis: Australian perspectives. Sustainability (Switzerland). https://doi.org/10.3390/su12114612
Salamzadeh, A., Demiryurek, K., Ghajarzadeh, M. M., & Kawamorita, H. (2020). Entrepreneurial Universities in Times of Crisis: Case of Covid-19 Pandemic. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics.
Photo by Colton Sturgeon on Unsplash